Makalah Sepak Bola

BAB I
PENDAHULUAN


1.1  Latar Belakang
Dewasa ini, perkembangan sepak bola semakin pesat di dunia apalagi di Indonesia, terbukti persepakbolaan di Indonesia sedang beranjak ke atas, semenjak U19 berada di TIMNAS Indonesia. Banyak orang semakin menggemari sepak bola, tetapi tidak begitu banyak orang mengetahui tentang teknik-teknik yang ada dalam sepak bola, sejarah, latihan-latihan yang dilakukan
.
Pengetahuan tentang sepak bola begitu penting, karena hal ini akan berpengaruh terhadap kemajuan sepak bola di suatu Negara itu sendiri. Di dunia pendidikan sudah lama diterapkan tentang sepak bola, terutama dalam pendidikan jasmani dan olahraga. Disana kita akan mengetahui tentang sepak bola itu sendiri. Tapi tidak begitu banyak mahasiswa yang langsung mengerti tentang sepak bola, baik itu dari segi teknik, sejarah dan hal-hal yang berpengaruh dalam sepak bola itu sendiri. Disini akan dijelaskan lagi tentang sepak bola secara singkat dan bahasa yang mudah dimengerti, agar para pembaca dapat memahami lagi dan mengerti tentang sepak bola.
Pengetahuan spesifik tentang olahraga sepak bola masih dikatakan kurang. Mengingat betapa pentingya mengetahui hal-hal diatas maka perlunya pengetahuan yang lebih komples lagi mengenai sepak bola terutama mengontrol bola menggunakan kaki bagian dalam didalam permainan sepak bola. Maka dari itu hal-hal mengenai sepak bola ini akan diuraikan melalui makalah yang dibuat.

1.2  Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang diatas, ada beberapa masalah yang dapat di rumuskan sebagai berikut:
1.2.1. Apa itu permainan sepak bola?
1.2.2. Bagaimana sejarah permainan sepak bola?
1.2.3. Apa saja teknik dasar yang ada dalam permainan sepak bola?
1.2.4. Bagaimana analisis gerakan anatomi saat mengontrol bola menggunakan
kaki bagian dalam didalam permainan sepak bola?
1.2.5. Bagaimana analisis kontraksi otot saat mengontrol bola menggunakan kaki
bagian dalam didalam permainan sepak bola?
1.2.6. Bagaimana analisis peluang gerak sendi saat mengontrol bola menggunakan
kaki bagian dalam didalam permainan sepak bola?
1.2.7. Bagaimana rekomendasi latihan penguatan untuk mengontrol bola
menggunakan kaki bagian dalam didalam permainan sepak bola?

1.3  Tujuan
Dari beberapa rumusan masalah di atas dapat di uraikan kembali tujuan yang ingin dicapai yaitu:
1.2.1. Untuk mengetahui apa itu permainan sepak bola.
1.2.2. Untuk mengetahui bagaimana sejarah permainan sepak bola.
1.2.3. Untuk mengetahui apa saja teknik dasar yang ada dalam permainan sepak
Bola.
1.2.4. Untuk mengetahui bagaimana analisis gerakan anatomi saat mengontrol bola menggunakan kaki bagian dalam didalam permainan sepak bola.
1.2.5. Untuk mengetahui bagaimana analisis kontraksi otot saat mengontrol bola
menggunakan kaki bagian dalam didalam permainan sepak bola.
1.2.6. Untuk mengetahui bagaimana analisis peluang gerak sendi saat mengontrol
bola menggunakan kaki bagian dalam didalam permainan sepak bola?
1.2.7. Untuk mengetahui bagaimana rekomendasi latihan penguatan untuk
mengontrol bola menggunakan kaki bagian dalam didalam permainan sepak bola?

1.4  Manfaat
            Dari uraian di atas dapat di kemukakan beberapa manfaat dari pembuatan makalah ini, manfaat teoritis maupun manfaat praktis. Manfaat tersebut yaitu:
1.4.1. Manfaat teoritis di antaranya:
1.4.1.1. Diharapkan dapat menambah pengetahuan tentang sepak bola kedalam
             kajian ilmu keolahragaan itu sendiri.
1.4.1.2. Dapat menambah kajian ke dalam ilmu keolahragaan dalam bentuk yang
             lebih praktis.

1.4.2. Manfaat praktis di antaranya:
1.4.2.1. Agar menambah pengetahuan mahasiswa tentang sepak bola terutama
             tentang mengontrol bola menggunakan kaki bagian dalam di dalam
             permainan sepak bola.
1.4.2.2. Agar para pemain sepak bola lebih memahami lagi tentang kajian sepak
             bola dalam terutama mengontrol bola menggunakan kaki bagian dalam di
             dalam permainan sepak bola.

1.5  Luaran
  Luaran yang diharapkan dari penulis dengan adanya makalah ini yaitu:
1.5.1. Agar mampu menciptakan bacaan yang praktis tentang sepak bola terutama
tentang mengontrol bola menggunakan kaki bagian dalam didalam sepak bola yang dituangkan dalam bentuk makalah.
1.5.2. Agar menambah pengetahuan penulis pada khususnya dan pembaca pada
umumnya.
1.5.3. Melalui makalah ini, seseorang dapat lebih mudah memahami tentang sepak
           bola terutama tentang mengontrol bola menggunakan kaki bagian dalam
           didalam permaianan sepak bola.













BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Cabang Olahraga Sepak Bola
a. Sejarah
            Sepak bola adalah salah satu olahraga yang sangat populer di dunia. Dalam pertandingan, olahraga ini dimainkan oleh dua kelompok berlawanan yang masing-masing berjuang untuk memasukkan bola ke gawang kelompok lawan. Masing-masing kelompok beranggotakan sebelas pemain, dan karenanya kelompok tersebut juga dinamakan kesebelasan (dalam http://argamakmur.wordpress.com/sejarah sepak-bola/).
Tujuan permainan ini adalah memasukkan bola sebanyak-banyaknya ke gawang lawan dan mempertahankan gawang sendiri dari serangan lawan. Permainan ini hampir seluruhnya dimainkan dengan menggunakan tungkai, kecuali penjaga gawang yang dibolehkan menggunakan lengannya di daerah tendangan hukumannya.”.
Sejarah sepak bola dimulai dari abad ke-2 dan -3 sebelum Masehi di Cina. Di masa Dinasti Han tersebut, masyarakat menggiring bola kulit dengan menendangnya ke jaring kecil. Permainan serupa juga dimainkan di Jepang dengan sebutan Kemari. Di Italia, permainan menendang dan membawa bola juga digemari terutama mulai abad ke-16 (dalam http://argamakmur.wordpress.com/sejarah sepak-bola/).
            Sepak bola modern mulai berkembang di Inggris dan menjadi sangat digemari. Di beberapa kompetisi, permainan ini menimbulkan banyak kekerasan selama pertandingan sehingga akhirnya Raja Edward III melarang olahraga ini dimainkan pada tahun 1365. Raja James I dari Skotlandia juga mendukung larangan untuk memainkan sepak bola (dalam http://argamakmur.wordpress.com/sejarah sepak-bola/).
Pada tahun 1815, sebuah perkembangan besar menyebabkan sepak bola menjadi terkenal di lingkungan universitas dan sekolah. Kelahiran sepak bola modern terjadi di Freemasons Tavern pada tahun 1863 ketika 11 sekolah dan klub berkumpul dan merumuskan aturan baku untuk permainan tersebut. Bersamaan dengan itu, terjadi pemisahan yang jelas antara olahraga rugby dengan sepak bola (soccer) (dalam http://argamakmur.wordpress.com/sejarah sepak-bola/)
Pada tahun 1869, membawa bola dengan tangan mulai dilarang dalam sepak bola.  Selama tahun 1800-an, olahraga tersebut dibawa oleh pelaut, pedagang, dan tentara Inggris ke berbagai belahan dunia.  Pada tahun 1904, asosiasi tertinggi sepak bola dunia (FIFA) dibentuk dan pada awal tahun 1900-an, berbagai kompetisi dimainkan diberbagai negara.
            Awal mula sejarah munculnya olahraga sepak bola masih mengundang perdebatan. Beberapa dokumen menjelaskan bahwa sepak bola lahir sejak masa Romawi, sebagian lagi menjelaskan bahwa sepak bola berasal dari Tiongkok. FIFA sebagai badan sepak bola dunia secara resmi menyatakan bahwa sepak bola lahir dari daratan Cina yaitu berawal dari permainan masyarakat Cina abad ke-2 sampai dengan ke-3 SM.
Olahraga ini saat itu dikenal dengan sebutan “tsu chu “. Dalam salah satu dokumen militer menyebutkan, pada tahun 206 SM, pada masa pemerintahan Dinasti Tsin dan Han, masyarakat Cina telah memainkan bola yang disebut tsu chu. Tsu sendiri artinya “menerjang bola dengan kaki”. sedangkan chu, berarti “bola dari kulit dan ada isinya”. Permainan bola saat itu menggunakan bola yang terbuat dari kulit binatang, dengan aturan menendang dan menggiring dan memasukkanya ke sebuah jaring yang dibentangkan diantara dua tiang.
Versi sejarah kuno tentang sepak bola yang lain datangnya dari negeri Jepang, sejak abad ke-8, masyarakat disana telah mengenal permainan bola. Masyarakat disana menyebutnya dengan: Kemari. Sedangkan bola yang dipergunakan adalah kulit kijang namun        ditengahnya sudah lubang dan berisi udara.
Menurut Bill Muray (1988), salah seorang sejarahwan sepak bola, dalam bukunya The World Game: A History of Soccer, permainan sepak bola sudah dikenal sejak awal Masehi. Pada saat itu, masyarakat Mesir Kuno sudah mengenal teknik membawa dan menendang bola yang terbuat dari buntalan kain linen.
Sisi sejarah yang lain adalah di Yunani Purba juga mengenal sebuah permainan yang disebut episcuro, tidak lain adalah permainan menggunakan bola. Bukti sejarah ini tergambar pada relief-relief museum yang melukiskan anak muda memegang bola dan memainkannya dengan pahanya.
Sejarah sepak bola modern dan telah mendapat pengakuan dari berbagai pihak, aawal mulanya dari Inggris, yang dimainkan pada pertengahan abad ke-19 pada sekolah-sekolah. Tahun 1857 beridiri klub sepak bola pertama di dunia, yaitu: Sheffield Football Club. Klub ini adalah asosiasi sekolah yang menekuni permainan  sepak   bola (dalam www.wengayo.blogspot.com).
Pada tahun 1863, berdiri asosiasi sepak bola Inggris, yang bernama Football Association (FA). Badan ini yang mengeluarkan peraturan permainan sepak bola, sehingga sepak bola menjadi lebih teratur, terorganisir, dan enak untuk dinikmati penonton(dalam www.wengayo.blogspot.com).
Selanjutnya tahun 1886 terbentuk lagi badan yang mengeluarkan peraturan sepak bola modern se dunia, yaitu: International Football Association Board (IFAB). IFAB dibentuk oleh FA Inggris dengan Scottish Football Association, Football Association of Wales, dan Irish Football Association di Manchester, Inggris. Sejarah sepak bola semakin teruji hingga saat ini IFAB merupakan badan yang mengeluarkan berbagai peraturan pada permainan sepak bola, baik tentang teknik permainan, syarat dan tugas wasit, bahkan sampai transfer perpindahan pemain.

b. Sepak bola di Indonesia
Sejarah sepak bola di Indonesia diawali dengan berdirinya Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) di Yogyakarta pada 19 April 1930 dengan pimpinan Soeratin Sosrosoegondo. Dalam kongres PSSI di Solo, organisasi tersebut mengalami perubahan nama menjadi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia. Sejak saat itu, kegiatan sepak bola semakin sering digerakkan oleh PSSI dan makin banyak rakyat bermain di jalan atau alun-alun tempat Kompetisi I Perserikatan diadakan. Sebagai bentuk dukungan terhadap kebangkitan "Sepakbola Kebangsaan", Paku Buwono X mendirikan stadion Sriwedari yang membuat persepakbolaan Indonesia semakin gencar (dalam www.wengayo.blogspot.com).
Sepeninggalan Soeratin Sosrosoegondo, prestasi tim nasional sepak bola Indonesia tidak terlalu memuaskan karena pembinaan tim nasional tidak diimbangi dengan pengembangan organisasi dan kompetisi.  Pada era sebelum tahun 1970-an, beberapa pemain Indonesia sempat bersaing dalam kompetisi internasional, di antaranya Ramang, Sucipto Suntoro, Ronny Pattinasarani, dan Tan Liong Houw. 
Dalam perkembangannya, PSSI telah memperluas kompetisi sepak bola dalam negeri, di antaranya dengan penyelenggaraan Liga Super Indonesia, Davisi Utama, Divisi Satu, dan Divisi Dua untuk pemain non amatir, serta Divisi Tiga untuk pemain amatir.  Selain itu, PSSI juga aktif mengembangkan kompetisi sepak bola wanita dan kompetisi dalam kelompok umur tertentu (U-15, U-17, U-19,U21, dan U-23) (dalam http://argamakmur.wordpress.com/sejarah sepak-bola/)..

c. Teknik Dasar
Untuk bermain bola dengan baik pemain harus dibekali dengan teknik dasar yang baik. Pemain yang memiliki teknik dasar yang baik secara otomatis cenderung dapat bermain sepak bola dengan baik pula.
Beberapa teknik dasar yang perlu dimiliki pemain sepak bola yaitu: Menendang (kicking), Menghentikan atau Mengontrol (stoping), Menggiring (dribbling), Menyundul (heading), Merampas (tacling), Lemparan Kedalam (trow-in) dan Menjaga Gawang (Goal Keeping) (dalam www.wengayo.blogspot.com).
ü Menendang ( kicking )
Menendang bola merupakan salah satu karakteristik permainan sepak bola yang paling dominan. Tujuan utama menendang bola adalah untuk mengumpan (passing), dan menembak kearah gawang (shootig at the goal). Dilihat dari perkenaan bagian kaki ke bola, menendang dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu Menendang dengan kaki bagian dalam, Menendang dengan kaki bagian luar, dan menendang dengan punggung kaki dalam (http://pendidikanjasmani13.blogspot.com/2012/05/teknik-dasar-permainan-sepakbola.htm).
-    Menendang dengan kaki bagian dalam.
Pada umumnya teknik ini digunakan untuk mengumpan jarak pendek. Analisis geraknya adalah sebagai berikut :
Ø Badan menghadap sasaran di belakang bola.
Ø Kaki tumpu berada disamping bola kurang lebih 15 cm, ujung kaki menghadap sasaran, lutut sedikit ditekuk.
Ø kaki tending ditarik kebelakang, dan ayunkan ke depan.
Ø setelah terjadi benturan dilanjutkan dengan Follow trow, ( gerakanlanjutan ).
-    Menendang dengan kaki bagian luar
Pada umumnya teknik menendang dengan kaki bagian luar digunakan untuk mengumpan jarak pendek. Analisis geraknya sebagai berikut :
Ø Posisi badan dibelakang bola, kaki tumpu disamping belakang bola 25 cm, ujung kaki menghadap kesasaran, dan lutut sedikit ditekuk.
Ø Kaki tendang berada dibelakang bola, dengan ujung kaki menghadap kedalam.
Ø  kaki tending ditarik kebelakang dan ayunkan kedepan.
Ø Perkenaan bola tepat di punggung kakibagian luar, dan tepat pada tengah-tengah bola.
Ø Gerakan lanjutan kaki tending diangkat serong kurang lebih 45 derajat
menghadap sasaran.
-       Menendang dengan punggung kaki
Pada umumnya menendang dengan punggung kaki digunakan untuk menembak ke gawang atau shooting. Analisis gerakanya sebagai berikut :
Ø Badan dibelakang bola sedikit condong kedepan, kaki tumpu ada diletakkan di samping bola dengan ujung kaki menghadap kesasaran, kaki sedikit ditekuk. Kaki tending berada dibelakang bola dengan punggung kaki menghadap kedepan atau sasaran.
Ø Kaki tending tarik kebelakang dan ayunkan kedepan hingga mengenai bola. Perkenaan kaki pada bola tepat pada punggung kaki penuh dan tepat. Pada tengah-tengah bola gerakan lanjut kaki tending diarahkan dan diangkat kearah sasaran.


ü Menghentikan atau Mengontrol Bola ( Stopping )
Dijelaskan bahwa Menghentikan bola merupakan salah satu teknik dasar dalam permainan sepak bola yang penggunaanya bersamaan dengan teknik menendang bola. Tujuan menghentikan bola adalah untuk mengontrol bola, yang termasuk didalamnya adalah untuk mengatur tempo permainan, mengalihkan laju permainan, dan memudahkan untuk passing (dalam http://id.wikipedia.org/wiki/Sepak_bola). Analisis gerakanya sebagai berikut :
·   Posisi badan segaris dengan datangnya bola.
·   Kaki tumpu mengarah pada bola dengan lutut sedikit ditekut.
·   Kaki penghenti diangkat sedikit deengan permukaan bagian dalam kaki dijulurkan kedepan segaris dengan datangnya bola.
·   Bola menyentuh kaki persis dibagian dalam/mata kaki.
·      Kaki penghenti mengikuti arah bola. Untuk menghentikan bola masih terdapat banyak cara yang dapat dilakukan diantaranya yaitu menggunakan punggung kaki, paha, dada, serta kepala apabila memungkinkan.

ü Menggiring Bola
Pada dasarnya menggiring bola adalah menendang terputus–putus atau pelan, oleh karenanya bagian kaki yang dipergunakan dalam menggiring bola sama dengan bagian kaki yang dipergunakan untuk menendang bola. Menggiring bola bertujuan antara lain untuk mendekati jarak kesasaran, melewati lawan, dan menghambat permainan. Dibawah ini akan di jelaskan mengenai posisi tubuh saat menggiring bola dengan menggunakan kaki bagian dalam :
·      Posisi kaki menggiring bola sama dengan posisi menendang bola.
·      Kaki yang digunakan untuk menggiring bola tidak ditarik kebelakang hanya diayunkan kedepan.
·      Diupayakan setiap melangkah, secara teratur bola disentuh/ didorong bergulir kedepan.
·      Bola bergulir harus selalu dekatdengan kaki agar bola dapat dikuasai   
·      Pada waktu menggiring bolakedua lutut sedikit ditekuk untuk mempermudah penguasaan bola.
·      Pada saat kaki menyentuh bola, pendangan ke arah bola dan selanjutnya melihat situasi kelapangan.

2.2 Analisis Mengontrol Bola Menggunakan Kaki Bagian Dalam didalam
Permaianan Sepak Bola Ditinjau dari Anatomi
Rangka, otot, sendi yang bekerja pada saat melakukan teknik mengontrol bola menggunakan kaki bagian dalam didalam permainan sepak bola adalah :
-          Rangka :
·                                                      Ekstrimitas inferior kanan dan kiri, yaitu :
Ø Ost. Femur (tulang paha)
Ø Ost. Patela (tulang lutut)
Ø Ost. Tibia (tulang kering)
Ø Ost. Fibula (tulang betis)
Ø Ost. Tarsal (tulang pergelangan kaki)
Ø Ost. Metatarsal (tulang taelapak kaki)

-          Otot (muskulus) :
·                                                         Ekstrimitas inferior , yaitu :
Ø M. Biseps femoris
Ø M. Plantaris
Ø M. Sartorius
Ø M. Vastus lateral
Ø M. Gastronemeus
Ø M. Rektus femoris

-          Sendi (artikulasio)
·                                                         Ekstrimitas inferior, yaitu :
Ø Artikulasio koksa
Ø Artikulasio genue
Ø Artikulasio tarsal


2.3 Analisis Kontraksi Otot
           Saat melakukan kontrol bola menggunakan kaki bagian dalam didalam permainan sepak bola balance (keseimbangan) tubuh, accurancy (ketepatan), dan agility (kelincahan) kaki sangat menentukan keberhasilan melakukan kontrol bola menggunakan kaki bagian dalam didalam permainan sepak bola.
Pada tahap ini otot yang mengalami kontraksi isotonis yaitu:
Ø Badan
           Badan sangat berpengaruh pada saat melakukan tahap awalan dari gerakan mengontrol bola ini karena badan sangat berperan penting untuk melakukan kontrol bola.
Fase Awal: Dimana pada fase ini merupakan fase persiapan yang harus dilakukan oleh pemain sepak bola. Fase awal meliputi:
         Posisi badan segaris dengan datangnya bola dan kaki tumpu mengarah pada bola dengan lutut sedikit ditekuk. Dimana kedua kaki terjadi kontraksi isotonis pada musculus biseps femoris dan musculus gastronemeus. Perhatikan gambar berikut!
 













Gambar 1. Fase Awal dalam melakukan kontrol bola menggunakan
                            Kaki bagian dalam.


Ø Tangan
           Pada kedua tangan pada fase awal yang mengalami kontraksi isotonis berada pada otot bisep dan trisep abdominis. Pada saat tangan diayunkan ke samping, otot bagian trisep mengalami kontraksi konsentris karena pada saat ini tangan berada lurus diayun ke samping yang menjadikan otot pada bagian trisep menjadi memanjang. Pada otot bisep mengalami kontraksi eksosentris atau memanjang karena tangan berada lurus ke samping mengayunkan tangan.
Ø Kaki
           Pada otot kaki yang mengalami kontraksi isotonis yaitu otot pada gastronemius yang mengalami kontraksi memanjang karena pada saat ini kaki berada pada pasisi ditekuk untuk melakukan awalan. Berikut gambar otot kaki yang berkontraksi.
 











Gambar 2.  Otot-otot pada kaki

Dimana Pada Fase Lanjutan: Dimana pada fase ini merupakan fase pergerakan atau hal inti dalam melakukan kontrol bola menggunakan kaki bagian dalam didalam permainan sepak bola. Dimana kaki penghenti diangkat sedikit dengan permukaan bagian dalam kaki dijulurkan kedepan segaris dengan datangnya bola.



 










Gambar 3. Fase lanjutan saat melakukan kontrol bola.

         Selanjutnya Pada Fase Akhir: Ini merupakan fase akhiran dari melakukan kontrol bola menggunakan kaki bagian dalam didalam permainan sepak bola. Gerakannya yaitu saat bola menyentuh kaki persis dibagian dalam/mata kaki dan berhenti.
 












Gambar 4. Saat Fase akhir dalam mengontrol bola.

           Dimana pada kedua fase tersebut terjadi kontraksi isotonis pada otot-otot kaki bagian kanan yang digunakan untuk mengontrol bola. Tetapi pada kaki kiri terjadi kontraksi isometris dimana kaki tidak bergerak tetapi berpengaruh terhadap mengontrol bola.
2.4 Analisis Peluang Gerak Sendi
Sendi-sendi yang bergerak pada saat awalan mengontrol bola menggunakan kaki bagian dalam yaitu:

 










Gambar 5. Fase Awal dalam melakukan kontrol bola menggunakan
 Kaki bagian dalam.
Ø Tangan
Pada tahap awalan gerakan mengontrol bola yaitu posisi tangan berada disamping karena otomatis untuk menjaga keseimbangan. Jadi sendi yang berperan pada saat ini yaitu sendi pada lengan atau artikulasio humeri mengalami gerakan Ekstensi dan sendi pada siku atau artikulasio cubiti bergerak secara abduksi (menjauhi tubuh).
Ø Badan
            Pada tahap lanjutan dalam gerakan mengontrol bola menggunakan kaki bagian dalam didalam permainan sepak bola. Tubuh berperan untuk menjaga keseimbangan tubuh. sendi yang bergerak pada saat awalan gerakan ini yaitu  sendi pada paha (artikulasio coxae), sendi pada lutut (artikulasio genu), dan sendi (Carpal) melakukan gerakan pronasi (ke atas).





 









Gambar 6. Fase lanjutan saat melakukan kontrol bola.

2.5 Rekomendasi Latihan Penguatan
           Ada beberapa rekomendasi latihan yang bisa dilakukan dalam melakukan kontrol bola menggunakan kaki bagian dalam didalam permainan sepak bola, yaitu:
-       Paha Belakang (Hamstring)
Latihan otot ini membantu menyokong latihan lain. Karena latihan otot ini akan membantu memperkuat otot, hal ini juga penting karena memberi bantuan dalam mendefinisi otot bagian belakang.
-       Otot Betis
Dalam melatih otot betis tidak dipisahkan menjadi bagian yang berbeda. Jadi latihan yang dilakukan berlaku untuk keseluruhan otot betis.
Binaragawan terutama binaragawan pemula biasanya kurang memberi perhatian terhadap pertumbuhan otot betisnya. Padahal dalam suatu pertandingan otot betis bisa menjadi kunci keberhasilan untuk mencapai kemenangan. Otot betis biasanya tidak terlalu baik memberi respon terhadap latihan yang kita lakukan.
Walupun seseorang memiliki genetik otot betis yang besar, namun otot betis baru dikatakan baik jika selain besar, ia juga terdefinisi dengan baik. Kesulitan dalam membentuk otot betis terjadi karena pada dasarnya secara alami betis telah mendapat tekanan besar dalam kegiatan kita sehari-hari. Karena sering menerima tekanan otot betis sangat kuat, sehingga jika ia tidak menerima tekanan yang sangat kuat (lebih kuat dari yang biasa diterima) dan intensitanya tidak tinggi, maka ia tidak akan memberi respon seperti yang kita harapkan. Jadi latihan otot betis baru efektif jika dilakukan sebanyak mungkin dan seberat mungkin. Ketekunan adalah kunci utamanya.
-          Latihan kelincahan
Dimana pada latihan kelincahan ini akan berpengaruh pada gerakan kita saat mengontrol bola. Karena dengan melatih kelincahan ini nantinya akan mempermudah gerakan mengintrol bola.






           









PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Dari uraian pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa permainan sepak bola adalah permainan yang dimainkan oleh dua regu yang masing-masing regu terdiri dari 11 orang pemain, yang mempunyai tujuan untuk memasukkan bola sebanyak-banyaknya ke gawang lawan dan mempertahankan gawangnya sendiri untuk tidak kemasukan.
Beberapa teknik dasar yang perlu dimiliki pemain sepak bola yaitu: Menendang (kicking), Menghentikan atau Mengontrol (stoping), Menggiring (dribbling), Menyundul (heading), Merampas (tacling), Lemparan Kedalam (trow-in) dan Menjaga Gawang (Goal Keeping).

3.2 Saran
            Sebaiknya kita harus terus belajar lagi tentang sepak bola terutama hal-hal yang mendukung untuk sepak bola tersebut serta melatih dan menambah penguatan pada bagian ekstrimitas inferior, dimana pada bagian tersebut sangat menentukan bagaimana seseorang melakukan kontrol bola menggunakan kaki bagian dalam didalam permainan sepak bola itu sendiri.













DAFTAR PUSTAKA


Adityha. 2006. Sejarah Sepak Bola dalam http://argamakmur.wordpress.com/
sejarahsepak-bola/ di akses pada 21 November 2013.

Angga. 2007 Tentang Teknik Dasar Permainan Sepak Bola Terkini dalam
http://pendidikanjasmani13.blogspot.com/2012/05/teknik-dasar-permainan-sepakbola.html.  di akses pada 19 November 2013.

Anonim. 2007 Teknik Sepak Bola Beserta Penjelasannya dalam
http://id.wikipedia.org/wiki/Sepak_bola di akses pada 21 November 2013.

Dietrich, K.J. 1982. Sepak Bola Sejarah Lengkap dan Aturan Sepak Bola. Dalam
www.wengayo.blogspot.com di akses pada 19 November 2013.


Bill Muray (1988). The World Game A History of Soccer.

36 comments

PROMO NEW MEMBER 15%

Kantor Cabang Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan paling baik yg menyediakan jasa layanan buat awal akun permainan judi atau taruhan online untuk kamu di perwakilan judi online yg berkelas International, valid dan terpercaya hanya di Zeusbola.

Sebagai Kantor Cabang Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama dengan perusahaan Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh penguasaan Isle of Man untuk beroperasi sebagai juru taruhan olahraga sedunia.

sabung ayam s1288

Ayo daftar sekarang di zeusbola.biz

BONUS 10% SETIAP HARI

Perutusan Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan terbaik yang sediakan jasa pelayanan untuk awal akun permainan judi atau taruhan online kepada anda di peserta judi online yg berkelas International, sungguh dan terpercaya hanya di situs judi online.

Sebagai Agen Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama bersama perseroan Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh penaklukan Isle of Man pada beroperasi yang merupakan juru taruhan olahraga di dunia.

main judi deposit pakai pulsa

Daftar sekarang hanya di Zeusbola.biz

===> BONUS SETIAP SABTU & MINGGU <===

DONACOPOKER adalah web judi kartu online Indonesia paling terpercaya dan resmi dalam menyediakan game judi online seperti poker online, domino online, bandar ceme online, blackjack online...Bahkan yang merupakan website Agen Poker Online uang asli yang menyediakan transaksi dari bank BCA, BNI, BRI, Mandiri, memberikan MINIMAL deposit yang sangat murah serta menyediakan hadiah jackpot setiap harinya dan dapat bermain dengan para pemain dari seluruh kota yang ada di Indonesia, main poker online hanya di DonacoPoker.

=== 1 ID Bisa Main 7 Permainan ===
pokerdonaco

Ayo gabung sekarang di DonacoPoker.net

BONUS MEMBER BARU 20%

CemePoker ialah perutusan Poker Online, Domino, Ceme, dan Capsa yang sediakan beragam tidak sedikit game bersama 1 user ID saja dan cemepoker di anugerahkan yang merupakan duta judi poker dengan rating win tertinggi.
cemesamgong.com menjamin 100% keamanan para membernya pun pemain Poker ana dijamin 100% Player VS Player.
janganlah ceroboh nantikan sawab menghela setiap bulannya dan pemberian referal sebaya hidup

Baca juga :

https://www.pokerceme.org/panduan-deposit-dan-withdraw-pada-situs-poker-online/
https://www.pokerceme.org/cara-membaca-kartu-lawan-dengan-mudah-pada-poker-online/


Ayo daftar sekarang di www.cemesamgong.com

Ingin menjadi seorang JUTAWAN? Mari segera bergabung bersama S128Cash Agen Judi Online Terpercaya yang memiliki fasilitas terbaik dan mempunyai Customer Service PROFESIONAL, RAMAH serta SOPAN yang siap melayani Anda 24 jam 7 hari NONSTOP !!
S128Cash menyediakan semua permainan yang sedang populer di Indonesia seperti :
- Sportbooks
- Live Casino
- Sabung Ayam Online
- Slot Games
- Tembak Ikan Online
- IDNPoker
- Klik4D

S128Cash juga menyediakan PROMO BONUS yang mudah untuk di raih, seperti :
- BONUS NEW MEMBER 10%
- BONUS DEPOSIT SETIAP HARI 5%a
- BONUS CASHBACK 10%
- BONUS FREEBET 200rB
- BONUS 7x KEMENANGAN BERUNTUN !! ( Ayam Sabung )

Disini, untuk semua transaksi DEPOSIT dan WITHDRAW tidak ada jam OFFLINE, artinya Anda bisa bertransaksi 24 jam NONSTOP !!

Info lebih lanjut bisa hubungi kami melalui :
- Livechat : S128Cash
- WhatsApp : 081910053031

Link Alternatif :
- http://www.s128cash.org

Nikmati Kemudahan DEPOSIT PULSA di Donaco Poker...
Proses Cepat dan Mudah..

Mainkan Permainan Dengan Kemenangan Tinggi menggunakan 1 user ID di Donaco Poker...
* POKER
* DOMINO
* BANDAR CEME
* CAPSA SUSUN
* CEME KELILING
* SUPER TEN
* OMAHA

Hubungi Kami Secepatnya Di :
LINE : Donaco.poker
WHATSAPP : +6281333555662

Jaman Gini Judi Online Deposit Via BANK ?

Buruan Gabung Di ZEUSBOLA , Dapatkan Fasilitas Deposit via Pulsa, Ovo, Gopay, Linkaja, Dana

Rate Super mewahh Untuk anda Semuaanya Tanpa Terkecuali, Berapapun Kemenangan Anda Akan Di bayar !

Buruan Sekarang Juga Daftar Games Online Kesukaan Anda, Sekarang Juga Di Situs Resmi Games Online Zeusbola.me . Karena Daftar itu GRATISSSSS BOSSS....

Jika Penasaran Segera Langsung Kunjungi Zeusbola.cc & Kami Siap Membantu Anda Dalam Proses Pendaftaran hingga Deposit Menggunakan berbagai Jenis Transaksi yang tersedia Di http://zeusbola.me/.

Daftar Judi Online Terbaik, Teraman, Terlengkap & Terpercaya :: KLIK DISINI

Baca : http://134.209.98.69/daftar-judi-poker-online-deposit-pulsa/

Contact Person us :
Live Chat Zeus Bola : http://bit.ly/KLIKDISINISEKARANGJUGA
Whatsapp : wa.me/6281333555996
Telegram : t.me/zeusbola

Dapatkan Double Bonus dari Donaco Poker Setiap Hari!!
Mau Tau Caranya??? Ayo Daftar..!!.atau Hubungi Kami Segera......

WHATSAPP : +6281333555662

Judi Deposit Pulsa secara tidak langsung menjadi sasaran empuk para penggemar judi online profesional maupun pemula. Bagaimana tidak, tranasksi yang jauh lebih praktis dan mudah menjadi incaran para pemain dan sangat cocok bagi pemain yang menggunakan mesin ATM. Sebelumnya beberapa metode transaksi telah hadir, sebut saja OVO, Gopay, LinkAJa, Dana, dan lainnya namun kurang di lirik oleh pemain.

http://167.71.214.170/
Texas Poker
Judi Poker
Sakong Online
Judi Deposit Pulsa
Bandar66 Online

Kontak Pokervita
Livechat Pokervita
WA: 08122222996
Wechat: pokervitaofficial
Line: vitapoker

http://134.209.98.69/bonus-promo-natal-tahun-baru-2019-2020-bandar-judi-s128-sabung-ayam-online-terpercaya/ – Bonus Promo Tahun Baru dari Situs Bandar Judi S128 Sabung Ayam Online. Pada kesempatan kali ini akan memberitahukan beberapa Promo Bonus Natal & Tahun Baru 2019 / 2020. Yang diberikan oleh situs judi online serta bagaimanakah cara memperoleh bonus itu.

Baca Juga : http://134.209.98.69/situs-judi-online-deposit-pulsa-tanpa-potongan/

Bonus Freechip Natal & Tahun Baru 2019/2020 - Sebagai Bandar Situs Betting Online Terpercaya Di Indonesia, Zeusbola menyediakan Event Bonus Sabung Ayam S128 Zeusbola Tahun Baru Bonus Deposit 50%. Promo Freechip ini bisa didapatkan setiap member yang telah memenuhi syarat ketentuan yang berlaku pada event yang tersedia.

Mari Gabung Dengan Cara Klik :: https://m1.hj128.info/

Contact person Us :

• Live Chat Zeus Bola : >> http://104.248.148.252/ <<
• Whatsapp : +6281333555996
• Telegram : zeusbola

#freechip #bonustahunbaru2020 #bonusnatal #promonatal2019 #promotahunbaru2020

BISA DEPOSIT PAKAI PULSA TELKOMSEL

DewaZeus merupakan partner dari situs ZeusBola, yang merupakan mater agen taruhan judi bola, Casino, Poker, taruhan sabung ayam online S128, CF88 DewaPoker, Live Casino Dealer Resmi Lisensi Filipina Paling Terpercaya di Indonesia, hanya di Bolazeus.

Juga Sebagai Perutusan Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama dgn kongsi Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh sang presiden Isle of Man pada beroperasi sebagai juru taruhan olahraga sedunia.

https://dewazeus.site/cara-bermain-poker-online-deposit-via-pulsa/
https://dewazeus.site/situs-agen-taruhan-online-terpercaya-deposit-pulsa/
link zeusbola

promo sabung ayam

Kunjungi juga link alternatif maxbet nova88 download nova88, main langsung maxbet nova88.

Yakin anda selalu tidak hoki?? Kami tantang anda yang merasa selalu tidak hoki... Kami yakin tidak ada orang yang tidak hoki...disini akan kami adu hoki anda dengan hoki pemain lain...
Kami yakin anda lebih hoki bersama kami..!! sudah terbukti....


Hubungi Kami Secepatnya Di :
WHATSAPP : +6281333555662

Hanya 1 USER ID Bisa Main Semua Game Ini.

LIVE CASINO
SPORTBOOK
POKER
SABUNG AYAM
TANGKAS
SLOT GAMES
BATU GONCANG
NUMBER GAME

HOT PROMO CANDI4D :

Bonus New Member 10%
Bonus Deposit HARIAN 10%

BONUS Candi4D :

Bonus 1 Minggu Sekali!!!
Bonus Rollingan up to 0.8% ( Casino )

Bonus 2 Minggu Sekali!!!
-Bonus Rollingan Sport 0.3%
-Bonus Rollingan Poker 0.3%
-Bonus Rollingan Sabung Ayam 0.3%
-Bonus Rollingan Tangkas 0,3%
-Bonus Rollingan Slotgame 0,3%

BONUS CASHBACK ( SETIAP HARI SENIN )

-Bonus CashBack up to 15% ( Games & Tangkas )
-Bonus CashBack up to 15% ( Sportbook )
-Bonus CashBack up to 15% ( Sabung Ayam )

BONUS REFERRAL

-Bonus Referral Togel :
–4D & COLOK : 1%
–2D & 3D : 0.5%
-Bonus Referal up to 2% ( Sportbook & Sabung Ayam )

Discount TOGEL untuk Pasaran :
SENTOSA 4D – SENTOSA TOTO – SINGAPORE – FINLANDIA
Discount 4D : 66.00% , 3D : 59.50% , 2D : 29.50%

SYDNEY – HONGKONG
Discount 4D : 66.00% , 3D : 59.00% , 2D : 29.00%

Min Depo : Rp 25.000,-
Min WD : Rp 50.000,-

Ayo bergabung bersama kami! Rasakan pengalaman judi yang berbeda :)

Whatsapp : +6281388618848
Line : CANDI_4D
Instagram : cscandi4djitu

WWW. CANDIJITU. COM
Pelayanan 24 jam online :)

Prediksi togel hongÄ·ong dan togel singapore Akurat 100% dan Arti Tafsir Mimpi

https://www.klik4d.pro/prediksi-togel-akurat-hk-tanggal-29-februari-2020/

https://www.klik4d.pro/prediksi-togel-akurat-sgp-tanggal-12-maret-2020/

INFO Pendaftaran Togel : http://159.89.197.59/register/
INFO Prediksi Togel : https://www.klik4d.site

Agen Togel BOLAVITA
BONUS POTONGAN GAMES TOGEL ONLINE

PERMAINAN TOGEL KLIK4D :
2D = 29,25%
3D = 59,25%
4D = 66%

PERMAINAN TOGEL Isin4D :
2D = 30%
3D = 59%
4D = 66%

Bolavita Sekarang Bisa Deposit Via OVO & GO-Pay.
Sekarang Bosku Sudah Bisa Deposit Via Pulsa XL & TSEL Minimal Deposit 25rb.

Boss Juga Bisa Kirim Via :
Telegram : +62812-2222-995
Wechat : Bolavita
WA : +62812-2222-995
Line : cs_bolavita

Winning 303

Agen judi terbaru dan terbaik saat ini

Tersedia banyak permainan menarik
Sports
Casino
slot
sabung ayam

Link terbaru kami www.winning303.pw

Kontak kami
WA : 0877 8542 5244

Winning303
Memberikan Permainan Poker Paling Seru dengan Tingkat Kemenangan yang tinggi... Yakin anda susah menang??? coba saja di winning303.. Kemenangan tidak akan jauh dari semangat anda!!

Raih Jackpot Spesial yang bisa anda dapatkan...dengan modal kecil dapatkan bonus BESAR...
Hanya di Winning303...

Winning303 juga menyediakan permainan lain dengan 1 ID...
1. Sportsbook
2. Live Casino
3. Slot Online
4. Lottery/Togel
5. Sabung Ayam

Ayo Langsung bergabung dengan kami...
Customer Service 24 Jam
Hubungi Kami di : Klik >>>>>>> Daftar Slot

WA:+6287785425244

DONACOPOKER

Permainan poker terpecaya dan nikmati...
POKER ONLINE 7 PERMAINAN (1 USER ID)
1. POKER ONLINE
2. BANDAR CEME
3. CEME KELILING
4. DOMINO QIU-KICK
5. SUPER TEN
6. CAPSA SUSUN
7. OMAHA

AYOO...
SEGERA WA : 081333555662

Gak Bosan Kalah Terus Di Situs yang Sama?
Mau Pindah Situs Ragu / Takut Kena Tipu?
Ayukkk Jangan Ragu Lagi, Mari Bergabung Dengan MuseumPoker Situs Agen Judi Poker Online Menyedia Layanan Deposit Pulsa
Situs Terpercaya Dengan Lisensi Resmi dengan Menyediakan Berbagai Jenis Game Poker Pulsa Lohhh...
Minimal Deposit Hanya 10rb Dengan Layanan Deposit Terlengkap

Menyediakan 7 Games Dalam 1 Akun
* Texas Poker
* Bandar Ceme
* Capsa Susun
* DominoQQ
* Ceme Keliling
* Omaha / Samgong
* Super10
* Sabung Ayam Pulsa

Menyediakan berbagai layahnan deposit terlengkap
* Semua Bank Lokal Indonesia
* Poker Deposit Pulsa
* OVO
* Gopay
* Dana
* Linkaja

Contact Resmi Museumpoker --> https://linktr.ee/museumgame
Website Resmi --> http://museumpoker.me/
Daftar Akun Poker Online

Agen Slot Online Deposit Via Pulsa – Ketertarikan para bettor yang bermain di Agen Slot Online dinilai cukup mengasyikkan. Fakta itu datang ketika proses taruhan bisa dimainkan melalui deposit via Pulsa. Sementara itu, situs Zeusbola menjadi yang terdepan dalam memberikan kemudahan ini untuk kenyamanan para bettor.

Anda sangat harus bergabung dengan segera agar dapat menikmati proses dan progress taruhan hingga sukses. Karena tak ada yang mustahil terjadi jika Anda sudah berada di dalamnya.

ZEUSBOLA Adalah Situs Agen Judi Online Terpercaya Indonesia Pertama Yang Menyediakan Berbagai Macam Permainan Online Seperti :

*SPORTSBOOK
*LIVE CASINO
*IDN LIVE
*IDN POKER
*SLOT GAMES
*TEMBAK IKAN
*JOKER123
*SABUNG AYAM
*TOGEL ONLINE

Caranya mainnya juga gampang, langsung daftar di link ini
atau hubungi kontaknya di HUBUNGI KAMI KLIK DISINI

Untuk Layanan Support Bank yang dapat dipergunakan pada Judi Online ZEUSBOLA terdapat beberapa jenis Bank Lokal seperti :

Bank BCA

Bank BNI

Bank BRI

Bank DANAMON

Bank MANDIRI


Promo Bonus yang berlangsung pada Judi Online ZEUSBOLA :
Bonus New Member 15%
Bonus New Member 10% ( Sabung Ayam )
Bonus Cashback/Kekalahan Sportsbook Up To 15%
Bonus Rollingan Up To 0.6%
Bonus Harian 10%
Bonus Reward

Serta terdapat berbagai jenis kelebihan dari ZEUSBOLA yang bisa anda dapatkan yaitu :

Bisa Deposit dengan VIA PULSA / OVO / GOPAY / LINKAJA / DANA.

Deposit & Withdraw tidak sulit dan sangat cepat.

Proteksi Keamanan user ID member terbaik.

Proteksi keamanan pada menu Lupa Password yang aman serta tidak menyulitkan.

Layanan Website 24jam setiap hari.

Tanpa adanya rekasaya apapun dalam permainan (NOBOT).

Bonus Paling mudah didapatkan dan paling besar.


Segera Daftarkan diri anda dan bermain bersama kami di ZEUSBOLA.
Alamat Situs Resmi : DAFTAR SEKARANG KLIK DISINI

Alamat Situs Alternatif :

LINK ALTERNATIF 1 KLIK DISINI
LINK ALTERNATIF 2 KLIK DISINI
LINK ALTERNATIF 3 KLIK DISINI

Kontak ZEUSBOLA :
Whatsap : +62 813 3355 5996
LINE : ZEUSBOLA
TELEGRAM: t.me/zeusbola

Slot Online Yang Bisa Deposit Pakai Pulsa

Agen Slot Online Deposit Via Pulsa

Winning303

Hadir Dengan Banyak Promo Yang Menarik dan Raih Kemenanganmu Sebanyak - Banyaknya

Tersedia Banyak Permainan Menarik :
Sportbook
Livecasino
Slot
Togel
Sabung Ayam

Raih Jackpot Spesial yang bisa anda dapatkan

Silahkan Klik ID Gratis Sabung Ayam

Link kami : www.winning303.pw

Mainkan Permainan Dengan Kemenangan Tinggi menggunakan 1 user ID...
* POKER
* DOMINO
* BANDAR CEME
* CAPSA SUSUN
* CEME KELILING
* SUPER TEN
* OMAHA

Dapatkan Juga
- Bonus Deposit 15% New Member Weekend.
- Bonus Deposit 10% Next Deposit Weekend.
- BONUS DEPOSIT HARIAN 5%
- BONUS ROLLINGAN MINGGUAN 0.5%
- BONUS KEJUTAN LAINNYA

Hubungi Kami Secepatnya Di :
CS 24Jam :
WA : +6281333555662

Winning303

Raih Jackpot Spesial yang bisa anda dapatkan...dengan modal kecil dapatkan bonus BESAR...
Hanya di Winning303...

Winning303 juga menyediakan permainan lain dengan 1 ID...
1. Sportsbook
2. Live Casino
3. Slot Online
4. Sabung Ayam
5. IG POKER

Silahkan Klik ID Gratis Sabung Ayam

Ayo Langsung bergabung dengan kami...
Customer Service 24 Jam
Hubungi Kami di :
WA:+6287785425244

PROMO MEMBER BARU 15%
ZeusBola merupakan mater bandar taruhan judi bola, Casino, Poker, taruhan sabung ayam online S128, CF88 DewaPoker, Live Casino Dealer Resmi Lisensi Filipina Paling Terpercaya di Indonesia, hanya di ZeusBola.

Sbg Cabang Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama dengan kongsi Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh pemerintah Isle of Man kepada beroperasi sbg juru taruhan olahraga sedunia.

Situs Slot Pulsa
Situs Poker Pulsa
Agen Joker Pulsa
Agen Togel Pulsa
Agen Sbobet Pulsa

MUSEUMAYAM - AGEN SABUNG AYAM S128, SV388, SLOT ONLINE, CASINO ONLINE DAN POKER ONLINE

==> SABUNG AYAM [ S128 - SV388 ]
==> SPORTSBOOK [ SBOBET - MAXBET ]
==> KASINO [ SEXY - SBOBET - GD88 - CBO855 - WM ]
==> SLOT [ PRAGMATIC - SPADEGAMING - HABANERO - JDB SLOT ]
==> POKER [ POKER - DOMINO QQ - CEME ]
==> TOGEL [ SGP - HONGKONG - SYDNEY - MACAU ]

BURUAN JOIN YA BOSKU ^^
WA : +62822-6793-2581[/b]

BANDAR SABUNG AYAM ONLINE
AGEN JUDI POKER VIA PULSA
AGEN JUDI POKER VIA PULSA

ZeusBola - Situs Sabung Ayam Live S128
Menerima Deposit via E-money dan Pulsa
(OVO, DANA, LINKAJA, GOPAY dan JENIUS)
Dapatkan Bonus 7x Win Beruntun Hingga 5jt
Pendaftaran : http://zeusbola1.com

Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
Whatsapp : 0822 7710 4607

Daftar S128 Menggunakan Bank BTPN Jenius

Donaco Poker Sebagai Situs Agen Poker Online Uang Asli Yang Menyediakan Transaksi Dari Bank Bca, Bni, Bri, Mandiri dan Danamon Memberikan Minimal Deposit Yang Sangat Murah Serta Menyediakan Hadiah Jackpot Setiap Harinya Dan Bisa Bermain Dengan Para Player Dari Seluruh Kota Yang Ada Di Indonesia.

Waktu Yang Relatif Singkat Dalam Semua Proses Transaksi Akan Semakin Membuat Para Member Betah Dan Puas.

Hubungi Kami Secepatnya Di :
WHATSAPP : +6281333555662

Bandar Togel Terpercaya
SITUS TOGEL TERBAIK
AGEN TOGEL TERBAIK 2021
Bandar Togel Indonesia
Situs Agen Togel Terbaik
SITUS TOGEL DEPOSIT PULSA

MBO128 SITUS SLOT ONLINE TERBAIK 2021

PROMO BONUS MEMBER BARU 50%
YUK GABUNG SEKARANG BERSAMA MBO128
ADA FREE ANGPAO Rp.50.000,- JUGA LOHH

Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
DAFTAR TOGEL ONLINE

Minimal DEPOSIT Rp.25.000
Minimal TARIK DANA Rp.50.000

KONTAK :
WhastApp: 0852-2255-5128

Transaksi bisa dilakukan melalui Via :

• PULSA ( Telkomsel , XL – Axis ) Bisa isi dari Counter / Transfer Pulsa / Alfamart dan Indomaret TANPA POTONGAN PULSA

• BANK ( BCA, Mandiri, BNI, BRI, Danamon, Permata,Semua Bank Nasional dan Daerah )

• E-Money ( OVO, Dana, LinkAja, PayPro, GoPay)

Museumpoker situs IDN Poker terbaik Indonesia deposit termurah hadir memberikan layanan taruhan permainan online hingga 9 jenis permainan. Rating kemenangan tertinggi tanpa adanya robot serta admin.

9 Permainan Dalam 1 Akun
* Poker
* DominoQQ
* Bandar Ceme
* Ceme Keliling
* Capsa Susun
* Super10
* Omaha
* Blackjack
* Superbull

Promo Terbaru MuseumPoker
- Bonus Deposit Harian
- Deposit Via Pulsa Telkomsel & XL / Axis
- Bonus Deposit New Member 20%
- Bonus Mingguan 0.5%
- Bonus Jackpot

Daftar Poker Online

Kontak Resmi
WA : +6282267932581
LINE : museumpoker
Telegram : +6282267932581

Situs Agen IDN Poker Online Terpercaya Indonesia

Bandar Ceme Terbaik Deposit Pulsa Keuntungan Terbesar

Modal 50 rb jadi jutawan tunngu apala lagi
silahan regis dan buktikan sendri ^^
sudah banyak member2 yg merasakan nya
New member 10%
sialhkan hub : WA :+62 812-2222-995

DONACOPOKER merupakan salah satu Agen Poker Online paling baru, tapi untuk kualitas nya jangan tidak perlu di ragukan lagi. Mengapa? karena DONACOPOKER ini adalah salah satu cabang dari server Poker IDN Play yang dimana itu adalah salah satu dari Server Poker Terpercaya, Terbaik dan Paling Bagus dan sudah terbukti akan kualitasnya.

Keuntungan Jika bermain di website
- Proses Deposit dan withdraw maksimal 3 menit
- 100% No admin dan No robot
- 100 Player vs Player
- Fair Play
- Customer service 24 jam nonstop
- Sistem keamanan terjamin TERBAIK
- Server Terbaru dan aman
- Kemenangan Yang Selalu Hadir Untuk membernya
- Menyediakan 5 jenis bank lokal ( BCA, BNI, BRI, MANDIRI, DANAMON )

PERMAINAN 1 ID BISA BERMAIN SEMUA GAME
1. POKER ONLINE
2. SLOT ONLINE
3. TOGEL
4. IDNLIVE

Dapatkan BONUS Terbanyak Yang Kami Sediakan Untuk Member Setia DONACO POKER
- BONUS REFFERAL seumur hidup Dengan Mengajak Teman Dan Rekan Anda Untuk Bermain.
- BONUS CASHBACK 0,3% Dihitung Dari Turnover Anda. Semakin Banyak Jumlah Turnover Anda, Semakin Banyak Bonus Yang Anda -
- BONUS WEEKEND 15% (BERLAKU SETIAP SABTU & MINGGU)
- BONUS NEW MEMBER 10%
- BONUS DEPOSIT HARIAN 5%
Dapatkan Yang Dibagikan 1 KALI DALAM SEMINGGU !!
Android & IOS Support Yang Akan Memudahkan Anda Bermain Dimanapun dan Kapanpun. Download Permainan Kami & Mainkan !

Apabila masih terdapat kesulitan dalam mengakses situs poker donaco, maka anda bisa menghubungi kami kembali di kontak berikut ini.

Jalur Cepat:
WHATSAPP : 081333555662
LINE : Donaco.poker
CHAT : Klik ====> SEKARANG

Salam Kemenangan Untuk Anda.
Terima Kasih.

Lagi bokek tapi mau bermain slot?
Klik ====>Demo Chicken Drop

Ayo Segera Daftar Akun Bermain Anda..Gratiss..

Klik >>>>>>> Daftar slot

Dengan minimal Depo hanya 25 ribu dan minimal Withdraw 50 ribu
Anda bisa bermain Slot. Menang berapapun kami bayar Bosku ^^

PENAWARAN PROMOSI:
• Bonus Deposit 20% New Member
• Bonus Deposit 5% Setiap Hari
• Bonus Cashback 5% - 10%
• Extra Bonus Prize 2 & Prize 3

Menerima Berbagai Metode Transaksi Terlengkap di Indonesia Minimal Deposit 10rb
Semua Bank Lokal
OVO
Gopay
Dana
Pulsa (Minimal Deposit 10rb Rate Terbaik)

Untuk Togel Kami Menyediakan 7 Pasaran

Hubungi Kami Secepatnya Di :
WHATSAPP : 083157394921

===> LINK ALTERNATIF MUSEUMTOTO
===> LINK ALTERNATIF MUSEUMBOLA
===> LINK ALTERNATIF MUSEUMPOKER
===> LINK ALTERNATIF MUSEUMAYAM
===> CLUB388
===> SV388

Promo Bonus Pulsa Tanpa Potongan !! ZEUSBOLA SOLUSINYA!!!
Menyediakan Permainan SLOT Terbaik Yang Memberikan kemenangan Yang Lebih Tinggi
Kami Juga menyediakan Banyak Permaianan Hanya Dengan 1 ID
Deposit Pulsa Dari 10RB
Buruan Join Dan Rasakan Kemenangannya
☎️ Whatsapp : +62 822-7710-4607

Result Togel

Winning303

PENAWARAN PROMOSI:
Promo Deposit Pulsa Tanpa Potongan Via TELKOMSEL / XL / AXIS

Daftar Slot Online Deposit Bank Syariah Indonesia - Winning303

Winning303 Situs Judi Online Deposit Bank BPD Terpercaya 2022

Ayo Langsung bergabung dengan kami...
Customer Service 24 Jam
Hubungi Kami di :
Website : http://165.227.54.5/register?ref=192425
WA:+6287785425244

Anda Kecewa Beritahu Kami, Anda Puas Beritahu Teman