Desa Bengkel Sari, Selemadeg Barat, Tabanan Bali

SEJARAH SINGKAT DESA BENGKEL SARI

Dalam rangka pemerataan pembangunan di Desa Antosari yang memiliki wilayah yang cukup luas dimana terdiri dari 12 Dusun yang berada jauh dari pusat pemerintahan Desa serta masih banyaknya masyarakat yang terisolasi maka timbullah keinginan masyarakat untuk memekarkan diri membentuk sebuah pemerintahan Desa yang baru, disamping untuk pemerataan pembangunan juga mempermudah pelayanan bagi masyarakat yang berada jauh dipelosok Desa.
Seiring perjalanan waktu maka mengingat keinginan masyarakat begitu besar. Kemudian diadakan pertemuan terkait pemekaran tersebut yang mana dari hasil pertemuan tersebut dengan seluruh komponen masyarakat sepakat untuk memekarkan Desa Antosari menjadi 2 (dua) Desa Yaitu Desa Antosari dan Desa Bengkel Sari sebagai hasil Desa pemekaran dengan SK Bupati Tabanan Nomor : 9 Tahun 2008 tanggal 8 Januari 2008. Setelah berjalan lebih kurang 10 (Sepuluh ) bulan dengan persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Tabanan Nomor : 170/1625/DPRD tanggal 22 Oktober 2008, Maka Desa Bengkel Sari ditetapkan Desa Definitif oleh Bupati Tabanan dengan SK Nomor : 294 Tahun 2008 pada tanggal 10 Nopember 2008.
Desa Bengkel Sari termasuk Kecamatan Selemadeg Barat, Kabupaten Tabanan yang memiliki sumber daya alam dan sumber daya manusia maupun kelembagaan serta ditunjang oleh saranan dan prasarana yang ada, cukup mendukung dalam rangka melaksanakan program pembangunan saat ini dan masa berikutnya.
 Desa Pempatan merupakan salah satu dari 11 (sebelas) desa yang ada di Kecamatan Selemadeg Barat dengan luas 54,6 Km2, yang sebagian besar merupakan lahan Pertanian, sedangkan sisanya diperuntukan sebagai lahan perkebunan, tegalan dan lain-lain.
Wilayah Desa Bengkel Sari terbagi menjadi 5 banjar dinas yang meliputi:
1.      Dusun Banjar Bengkel
2.      Dusun Labak Suren I
3.      Dusun Labak Suren II
4.      Dusun Semaja

5.      Dusun Tireman


KEINDAHAN DI DESA BENGKEL SARI