Cara Menggabungkan Video dan Audio di VideoPad Terbaru 2016



  1. Jika belum punya, silakan gogling dan download videopad versi 2.4.1 ya.
  2. Buka videopad lalu klik Add media untuk memasukkan video yang akan dihilangkan audionya.
  3. Di bawah Medialist dan Files pasti terdapat sebuah video yang baru saja kamu masukkan, klik video tersebut, lalu klik tanda panah berwarna hijau seperti terlihat pada gambar di atas.
  4. Dengan demikian, video beserta audionya akan berada di timeline (kotak persegi panjang bawahnya tanda anak panah berwarna hijau tadi)
  5. Selanjutnya adalah menghilangkan audio, ada dua cara sebagaimana telah saya utarakan di atas.
  6. Pertama me-metu audio; klik kanan audionya – kemudian pilih Adjust clip volume. Pada kotak dialog yang ditampilan, checklist Mute clip lalu klik oke.
  7. Kedua menghapus audio; klik kanan audionya – pilih Unlink sound clip, maka secara otomatis audio tersebut akan turun di kotak persegi panjang yang ada di bawahnya. Setelah itu, klik kanan lagi audinya, lali pilihRemove selected audio
  8. Silakan pilih salah satu, cara yang pertama atau cara yang kedua.
  9. Selanjutnya adalah menambahkan audio baru (bisa format mp3, amr, wav dan lainnya) sebagai pengganti dari audio yang sudah dibuang atau di mute tadi.
  10. Drag audio pengganti ke area kotak persegi panjang ‘Drag your sound clip here’.
  11. Langakh terakhir, klik Save movie untuk menyimpan video tersebut dan tunggu prosesnya hingga muncul kotak dialog seperti gambar di bawah ini.